image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Review Difference Maker




Apakah sikap itu sebenarnya? Sikap merupakan suatu perasaan dalam hati yang diungkapkan oleh tingkah laku luar. Orang-orang selalu mengekspresikan diri mereka melalui sikap atau tingkah laku yang dapat diamati oleh orang lain. Dari situlah dapat diketahui bagaimana sikap seseorang. Beberapa orang berusaha untuk menutupi sikap mereka dan mereka membohongi orang lain. Namun, topeng tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena sikap asli yang ada akan selalu mencari jalan keluar untuk bisa keluar.




Sikap dapat mewarnai segala aspek kehidupan. Layaknya sebuah kuas, sikap dapat mewarnai dengan warna yang mencolok, terang, ataupun gelap. Dapat menciptakan karya yang biasa-biasa saja ataupun menciptakan mahakarya yang luar biasa. Sikap amatlah penting bagi kehidupan. Sudah sepatutnya sikap menjadi aset bagi kehidupan. Bukannya khilaf atau apapun, namun inilah yang dapat membuat seseorang menilai buruk atau tidaknya seseorang.Suatu sikap positif adalah aset setiap hari dalam hampir semua cara. Sikap itu tidak saja menolong dalam masalah-masalah kecil, tetapi juga memberikan suatu kerangka positif dari mana seseorang dapat melakukan pendekatan pada semua bagian kehidupan. Sikap dapat melakukan perbedaan dalam pendekatan dalam kehidupan. Sikap dapat membuat perbedaan dalam hubungan-hubungan dengan orang lain. Sikap dapat membuat perbedaan dalam bagaimana anda menghadapi tantangan. Sikap itu sendirilah yang akan membuat perbedaan antara satu individu dengan individu yang lain.
Anda bukan apa yang anda pikirkan tetapi apa yang anda pikir... itulah anda
Untuk mengubah sikap dapat dilakukan dengan 6 cara. Pertama-pertama, terhadap sikap yang dimiliki harus dapat bertanggung jawab dan dapat menerima setiap konsekuensi terhadap sikap yang dilakukan. Kemudian, lakukan evaluasi terhadap sikap yang pernah ada selama ini, dan kembangkanlah keinginan untuk bisa berubah. Mengubah sikap dapat dilakukan dengan mengubah pemikiran-pemikiran yang ada. Kemudian berusahalan untuk berupaya mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Kunci terakhir untuk dapat melakukannya adalah disiplin. Atur sikap setiap hari. Dengan mengatur sikap tersebut setiap hari, maka sikap tersebut dapat melekat dalam diri pribadi. Sehingga sikap tersebut sudah menjadi bagian dalam kehidupan pribadi.
Dalam buku ini, terdapat lima halangan terbesar terhadap sikap yang dapat membuat perbedaan luar biasa dalam hidup. Untuk dapat mengubah sikap menjadi suatu pembeda, maka didalam buku ini terdapat beberapa kunci yaitu
1.       Menang atas keputusasaan
Untuk dapat menang terhadap keputusasaan dapat dilakukan dengan memiliki perspektif yang tepat, menghabiskan waktu dengan orang-orang yang tepat, mengucapkan kata-kata yang tepat, memiliki harapan yang tepat, dan membuat keputusan-keputusan yang tepat.
2.       Menerima perubahan
Mau tidak mau perubahan akan selalu datang. Kondisi yang dinamis di zaman sekarang ini menuntut sebuah perubahan yang cepat. Orang yang dapat menerima perubahan justru merekalah orang yang maju dan berkembang. Oleh karena itu, izinkanlah perubahan tersebut terjadi pada diri.
3.       Mengatasi Masalah-masalah
Salah satu sikap yang baik adalah harus dapat solutif terhadap masalah-masalah yang ada. Orang yang menghindari masalah, justru akan membuat orang tersebut akan berhadapan dengan masalah yang lain. Jadilah orang yang mampu untuk mengendalikan masalah. Mengenali masalah yang ada adalah kunci untuk dapat mulai menyelesaikan masalah. Kemudian coba tentukan beberapa planning yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan adanya banyak perencanaan masalah tersebut membuat memiliki banyak cara dan jalan untuk dapat mensolusikan masalah. Jangan lupa untuk fokus terhadap masalah yang dihadapi
4.       Mengalahkan ketakutan
Ketakutan adalah bagian dari kondisi manusia. Wajar apabila seseorang memiliki sikap takut terhadap suatu hal entah itu karena sulitnya untuk dicapai ataupun kekurangan kepercayaan diri. Padahal ketakutan tersebut justru menimbulkan kehancuran dan kelemahan. Dengan mengakui ketakutan, menyadari bahwa kekuatan ketakutan sangat terbatas, dan mengubah ketakutan menjadi keinginan dapat membuat ketakutan tersebut terkalahkan.
5.       Bergerak melampaui kegagalan
Terkadang orang telah melakukan usaha semaksimal mungkin tetapi tetap saja mendapatkan kegagalan. Dengan susah payah mereka membanting tulang demi sebuah perubahan tetapi mendapatkan suatu hasil yang kembali atau lebih buruk dari kondisi awal mereka. Banyak orang yang bilang bahwa kegagalan itu bukan akhir dari segalanya. Suatu hal klasik yang ditemukan seseorang apabila dalam kondisi tersebut. Namun, untuk dapat mengubah kegagalan, cobalah hibur diri dengan humor-humor yang ada. Belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan kemudian ubah perspektif tersebut dan bangkitlah!.

Keberhasilan setiap hari harus dinilai dari benih-benih yang mereka tabur, bukan dari tuaian yang mereka tuai.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment