image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

IYMC 2011 : 1 Langkah Kecil Menuju 1000 Langkah





Sekilas IYMC...

Entah kapan pertama kali mendengar event IYMC 2011 yang diadakan hari sabtu, 22 Januari 2011 di SSE. Yang saya ingat adalah teman saya Ahmad Mahmudi Yunus yang memberi tahu adanya event ini. Ketika pertama kali mampir kesitusnya kemudian ada kata-kata “Call for Paper” tanpa pikir panjang saya langsung membuat sesuai dengan persyaratan yang berlaku di. Pada saat itu saya tidak berharap apa-apa. Terbayang hadir atau menjadi pembicara pun tidak ada sama sekali.

IYMC atau Indonesian Youth Mini Conference adalah konferensi pemuda di bidang lingkungan. Dalam konferensi ini diundang anak-anak muda se-Indonesia yang memang suka dalam bidang lingkungan. Ini adalah Youth Conference di bidang lingkungan pertama yang saya datangi dan langsung terpilih menjadi pembicara. :D

Tanggal 21 Januari 2011, tepatnya pukul 22.00 (11 Jam sebelum acara)  tiba-tiba saja saya mendapatkan email dari panitia bahwa saya menjadi pembicara  di IYMC 2011 membawakan tentang paper yang saya ajukan. Entah ekspresi apa yang dapat digambarkan pada saat itu. Antara senang, dongkol, dan bingung dengan persiapan untuk menjadi pembicara di pagi harinya. Sempat terbesut di alam pikiran supaya tidak datang ke acara tersebut mengingat persiapan yang sangat minim. Namun, banyak teman-teman dan sahabat yang mendukung untuk ikut serta. Akhirnya tepat pukul 1 malam, dengan sedikit modifikasi power point yang pernah dibuat untuk presentasi dulu jadilah sebuah presentasi yang akan dibawakan di acara sebesar IYMC tersebut.

Sayapun tertidur lelap...
....


Perjalanan...

Pukul telah menunjukkan jam delapan pagi. Saatnya bagi saya untuk berangkat ke tempat acara IYMC 2011. Hari ini saya memutuskan untuk naik transportasi umum, bukan karena tidak ada kendaraan di rumah tetapi tujuan saya adalah untuk mencari alternatif murah dan juga untuk ikut serta mengurangi emisi CO2.

Sekarang coba pikirkan, apabila semakin banyak orang yang membawa kendaraan pribadi, maka semakin banyak bensin yang dibakar yang berarti semakin banyak CO2 yang dihasilkan yang akan mempercepat terjadinya pemanasan global. Dengan menaiki transportasi umum, setidaknya dapat ikut serta untuk mengurangi emisi tersebut juga mengurangi 1 kendaraan yang dapat memadatkan kota Jakarta hingga macet. Selain itu, setidaknya di Jalanan saya masih dapat tidur santai, menikmati perjalanan, dan mendengarkan musisi-musisi jalanan yang kreatif. Dan naik transportasi umum, sudah menjadi hobby saya semenjak masuk kuliah di UI.



Ada dua bis yang harus dinaiki agar sampai dari Tangerang menuju Mampang, yaitu bis 34 Jurusan Tangerang-Blok M, kemudian lanjut dengan menaiki bis kopaja 75 jurusan Pasar Minggu-Blok M. Setelah bis 34 yang dinaiki pertama kali sampai di Terminal Blok M, handphone Blackberry Gemini Putih yang sedang saya gunakan langsung ditaruh didalam tas. Saat itu, tidak ada perasaan negatif sama sekali, yang ada hanyalah ingin mengejar untuk naik bis 75 yang ada di depan saya.

Setelah sampai di dalam bis 75 tersebut, spontan saya ingin mengecek hanphone saya. Ngecek sana-sini. Buka semua resleting tas, tetapi hasilnya nihil.

No Handphone..

It means my handphone was lost! Oh my God! I got poor Saturday morning, but I didn’t want to make it bad Saturday. I want make this Saturday a better Saturday than ever.

Notes : don’t ever put your handphone in your bag!
...


The Conference...

Akhirnya sampailah saya di tempat berlangsungnya acara IYMC 2011. Saat sampai disana sedang ada presentasi dari Miss Indonesia Earth 2009, Nadine Zamira Sjarief, seorang lulusan mahasiswa Hubungan Internasional UI. Dia merupakan sosok wanita muda yang inspiratif dengan komplit 3B (Beauty, Brain, and Behaviour) J. Di usianya yang masih muda, ia aktif di berbagai kegiatan lingkungan dan memberikan sesuatu kepada masyarakat. Dalam presentasinya ia menjelaskan tentang program yang pernah ia lakukan dan kegiatan yang pernah dijalaninya saat menjabat sebagai Miss Earth Indonesia 2009, salah satunya dalam kegiatan packaging.

Miss Indonesia Earth 2009


Dalam akhir presentasinya, ia mengatakan,”THINK, ACT, and CHANGE! berpikirlah secara kritis mengenai kondisi yang ada disekitar, lakukanlah aksi nyata untuk memperbaiki lingkungan, dan jadilah pembuat perubahan!”. Tiga kata yang powerful yang menggugah se-ruangan auditorium.

Selepas presentasi tersebut, peserta dibagi ke dalam sesi parallel. Sesi parallel ini adalah sesi dimana para peserta Call For Paper menjadi pembicara untuk memaparkan apa yang telah dilakukan dan diperbuat di bidang lingkungan. Sesi parallel sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Green Campaign, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan Green Technology Invention. Saya sendiri menjadi pembicara di bagian Green Technology bersama rekan saya Andi, Mahasiswa Psikologi UNJ yang mempresentasikan Stomata Zeolit; Febri dan Farhan, mahasiswa FE UB yang mempresentasikan Bank Sampah Syariah. Saya sendiri membawakan tentang seputar teknologi fotokatalisis dan penelitian-penelitiannya yang sedang dilakukan.

Me as A Speaker at IYMC 2011


Alhamdulillah, respon orang-orang yang menyaksikan sangat tertarik terhadap apa yang saya presentasikan. Beberapa ada yang menganggap presentasi yang dilakukan dapat mendukung teknologi pengolahan masyarakat, aplikatif, dan ada juga yang bilang sangat menginspirasi. Sungguh di luar dugaan. Ini menjadi motivasi saya agar kedepannya harus lebih baik lagi, terus berkarya, dan lebih menginspirasi orang lain.

Di Youth Conference ini, saya bertemu dengan orang-orang hebat yang memang sangat aktif di bidang lingkungan. Ada dari Sahabat Kota, Jerami, Green Community, Garuda Youth Community, Ganesha Hijau ITB, bahkan juga dari Forum Indonesia Muda (FIM), dan lain-lain.

Ada juga Tim Orange, tim yang paling aktif, atraktif, dan interaktif (We call it tim Istiqomah, isn’t it?). Dalam tim ini, ada aktivis lingkungan, peraih nobel lingkungan, pak SBY (loh?) (pak, jangan ngomongin gaji lagi ya hehe), anak pejabat, dan anak kecil yang mereka semua sangat inspiratif. Tim Orange yang semoga bisa menjadi Orange yang bermanfaat untuk masyarakat kelak. Tim Orange yang berhasil mencetuskan arti sustainability sendiri yang akhirnya dikenal oleh seluruh peserta.

Tim Orange (Istiqomah) :D


Sustainability = 1 Langkah Kecil Menuju 1000 Langkah

Satu hari inspiratif dengan orang-orang luar biasa. Semoga pertemuan yang telah dilakukan ini dapat berbuah aksi nyata kedepannya. “Walk The Talk”, adalah kata-kata manis yang dikeluarkan oleh salah satu dosen di SSE yang mengajari Environtment Education. Ide hebat, Orang Hebat, Acara Hebat, semoga berbuah menjadi lingkungan sehat menuju Indonesia Hebat.

Foto Bersama


Salam Hijau! Salam Pembaharuan
Kenny Lischer

Photo Source : IYMC Comittee and Rahyang from UNPAD

Share this:

CONVERSATION

6 comments:

  1. hahaha,,,,keren tp d foto tim orange g da w =( (kykna gr2 ngambil hp nich)

    1 langkah utk 1000 langkah,,,

    orange,,, istiqomah !!! ^^

    ReplyDelete
  2. @ikha wah iya benar, ada foto yang lengkap? supaya nanti diganti

    @Shafira baru nyadar, ternyata penyusup disitu..

    ReplyDelete
  3. @Rahyang yang terkenal memang beda. namanya ada dimana-mana

    ReplyDelete
  4. Prok-prok-prok!
    *standing applause buat Kenny!* Meskipun uda kehilangan barang berharga--I'm sorry to hear that-- tapi tetep semangat nularin ilmu dan spiritnya.

    sorry bgt buat shock therapy di H-1 itu,
    ^^v
    tapi keren bgt koq presentasinya. Realistis dan fantastis!!!

    ReplyDelete