image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Tentang Young Green Leaders 2011

Be The Next Young Green Leaders





Di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, isu lingkungan belum mendapatkan perhatian khusus dari masyarakatnya. Sebagian besar masih memandang isu ini dalam konteks nasional, seperti kasus pembalakan hutan secara liar dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, sehingga menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya.

Nyatanya, degradasi lingkungan tidak hanya disebabkan oleh pembalakan hutan secara liar atau pencemaran akibat aktivitas industri skala besar semata, namun juga oleh aktivitas setiap manusia itu sendiri, sekecil apapun itu.

Dengan kata lain, isu lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab negara dan industri saja, namun juga pihak-pihak lainnya, termasuk sekolah.

Sedikit sekolah yang memperhatikan aspek lingkungan dalam penyelenggarannya. Siswa diajarkan untuk memahami ilmu alam dan sosial namun tidak termasuk kesadaran akan etika lingkungan. Padahal sekolah merupakan tempat pembentukan karakter dan kepribadian generasi penerus bangsa.

Tidak heran jika nyatanya generasi muda saat ini tidak peka dan cenderung bersikap apatis terhadap isu lingkungan, seperti peningkatan suhu rata-rata secara ekstrim, perubahan iklim lokal, hingga budaya buang sampah sembarangan.

Jika hal ini terus dibiarkan, masa depan negara ini akan berakhir pada kehancuran dan kerusakan lingkungan yang lebih besar.



Berangkat dari permasalahan ini, kami, duta kampus ‘Young on Top’ yang tergabung dalam komunitas lingkungan ‘Greeneration’ tergerak untuk menggagas sebuah program yang dinamakan ‘Young Greeneration Leaders 2011’ yang terdiri dari program pelatihan kepemimpinan dan pembinaan isu lingkungan yaitu Youth Greeneration Camp bagi anak muda, khususnya pelajar SMA, yang dielaborasikan dengan Youth Greeneration Competition’ dengan harapan nuansa kompetisi ini dapat memacu semangat peserta untuk melakukan perubahan lingkungan.  

Meningkatkan kesadaran, kepekaan dan kecintaan generasi muda, yaitu pelajar SMA, terhadap isu lingkungan, sehingga menjadi semakin tergerak dan termotivasi untuk melakukan perubahan di lingkungan sekolah masing-masing.

Young On Top Campus Ambassador dan GARUDA Youth Community adalah 2 buah komunitas yang berisikan anak muda di Indonesia yang bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup, British Council dan Green Radio mengadakan Young Green Leaders. Sebuah pengabdian kepada masyarakat yang terbesit karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan yang tentu saja bukan hanya menjadi tanggung jawab negara dan industri saja, namun juga menjadi tanggung jawab anak muda. 

Bentuk pengabdian masyarakat ini terdiri dari beberapa tahap yang dimulai dari 11 Maret - 24 April 2011, yaitu Roadshow ke beberapa sekolah di Jabodetabek dimana peserta dari sekolah – sekolah yang sudah mendaftar dikumpulkan menjadi satu dan disitu mereka diberikan seminar mengenai isu lingkungan dan juga mengenai passion yang dibimbing oleh Young On Top Campus Ambassador dan GARUDA Youth Community itu sendiri. Kemudian setelah itu peserta akan disaring dan kemudian akan dilanjutkan ke dalam Youth Camp pada tanggal 2-3 April 2011, yang disitu mereka diberi pendalaman tentang isu lingkungan dan sharing dari company mengenai proses daur ulang sampah dan pelatihan soft skill mengenai leadership serta management proyek. Setelah camp selesai dilaksanakan, para peserta diminta untuk membuat sebuah proyek selama 3 minggu di sekolah masing – masing dimana hasil dari proyek yang mereka lakukan akan dinilai dari mulai masa inisiasi (selama di camp) hingga proses eksekusi (selama kompetisi berlangsung). Terakhir, hasil karya mereka akan dipamerkan di Awarding Ceremony pada 22 April 2011 dimana pada tahap ini juga akan ada pementasan kreasi pelajar SMA (band, tari, dan lainnya) sebagai hiburan serta Festival berupa Diskusi Publik (khusus anak muda).

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment