image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Ilmu dan Berkarya tanpa Batas

Blogging Competition Compfest 2011

Pagi itu, selalu dimulai dengan kebiasaan yang selalu dilakukan. Bangun pagi, siap-siap untuk beraktifitas. Satu jam sebelum berangkat, biasanya mencoba untuk online terlebih dahulu mengecek apakah ada pesan-pesan yang masuk untuk dibaca dan dijawab.  Salah satunya membuat tulisan untuk COMPFEST 2011.

Hari itu tampak biasa-biasa saja. Dengan berbagai aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya. Tiba-tiba datang sebuah pesan isinya,"Morning Ken!! Kenny ada di rubrik U Blog SPICE! Juni 2011 loh!!". Tersentak kaget mendengar berita tersebut. Dalam hati berkata,"Alhamdulillah ". 


Me, as a speaker and at SPICE Magazine


Di rubrik tersebut tidak terlepas dari isi yang ada di blog ini dan apa yang telah dilakukan. Mungkin jika belum melakukan apapun saya tidak pantas untuk berada disana. Di rubrik tersebut menceritakan pengalaman saya waktu menjadi speaker di IYMC (Indonesia Youth Mini Conference) yang diadakan Januari 2011 lalu. Disitu saya bercerita tentang teknologi photoportable yang telah dibuat oleh Didit dan saya untuk diikutkan dalam ajang  PIMNAS XXIII di Bali Juli 2010 lalu.

Sebuah karya anak bangsa yang menjadi solusi mengolah air menjadi air bersih siap untuk diminum


Kami membuat suatu penemuan yang dapat menjadi solusi terhadap permasalah air yang pelik. Dari hasil penemuan tersebut mencoba untuk mengubah air yang penuh dengan limbah  organik, bakteri, dan logam menjadi air bersih bahkan siap untuk diminum. Penemuan inilah yang mengantarkan saya untuk memenangi beberapa kompetisi keilmiahan dan tulisan, mengikuti berbagai macam event yang dibuat oleh pemerintah maupun non pemerintah, menjadi pembicara di berbagai acara, hingga masuk majalah ini. Seperti sebuah rentetan tembakan senapan yang datang bertubi-tubi. Ini adalah hasil dari penemuan yang telah dilakukan oleh Didit dan Saya yang dibimbing oleh Prof Selamet dari Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia.

Berkarya tidak akan ada batasnya. Creation has no limits. Kita semua dapat secara bebas berkreasi untuk membuahkan karya-karya baru yang dapat menjadi solusi permasalahan dari masyarakat. Ketidakterbatasan yang kurang dieksplorasi bahwa pada kenyataannya ini merupakan satu hal yang harus diperjuangkan. Ilmu memang tiada batasnya. Siapa yang menguasai ilmu dan informasi merekalah yang akan menguasai dunia.

Bangsa Arab dahulu pernah berjaya hingga menguasai sebagian asia dan eropa, ketika itu banyak cendekiawan-cendekiawan yang menguasai ilmu pengetahuan. Bahkan hingga sekarang banyak sumber-sumber pustaka yang sampai sekarang masih dipakai. Amerika dan Jepang seperti berada diatas angin. Perkembangan ilmu dan informasi yang berasal dari kedua negara tersebut membuat takjub negara di seluruh dunia untuk menjadikannya sebagai patokan kemajuan suatu bangsa. Sekaran, China adalah negara yang sedang menjajaki menuju negara maju. Produk-produknya sangat banyak berada di pasaran. Tak ayal produk mereka mampu bersaing dengan produk-produk yang sebelumnya sudah ada dan dikenal di masyarakat dengan harganya yang murah dan kualitas yang cukup. 

Hauslah akan ilmu pengetahuan. Ilmu itu adalah satu wujud yang universal. Tidak akan habis suatu ilmu karena mereka akan terus berkembang. Bahkan kini, perkembangannya amat pesat. Ilmu tersebut tidak hanya bisa didapat dari membaca suatu buku dan mendengarkan apa yang diterangkan di kelas. Ilmu tersebut bisa berasal darimana saja. Ilmu dapat berasal pengalaman diri sendiri dan orang lain. Budaya berdiskusi juga merupakan salah satu cara untuk dapat menimba ilmu pengetahuan. Jika tidak disadari, ilmu yang kita dapatkan sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar kita. Semakin luas lingkup lingkungan kita semakin luas pula cakrawala wawasan kita.

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. selamat mengikuti CompFest2011 ya mas..
    mari saling mendukung untuk kemandirian bangsa!
    ::regard::

    ReplyDelete