image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Merantau Eksotisme Kota Apel "Malang"





What will you think if you heard "Malang"?

Ada 2 interpretasi untuk kata tersebut. Satu karena suatu sifat yang merupakan nasib buruk yang diterima seseorang. Lainnya, Malang adalah nama kota yang berada di Jawa Timur. Di bulan Juli, sementara mahasiswa yang lain ada yang memutuskan untuk libur, mengurus kegiatan di kampus, dan KKN, saya dan Darul merantau ke kota Malang untuk Kerja Praktek di PT. PG Rajawali 1. 


Merantau dan yang Dilakukan di Kota Apel


Welcome to PT. PG Rajawali 1 unit Krebet Baru II


Sempat kaget ketika tahu ternyata tempat saya kerja praktek adalah tempat dimana Direkturnya pernah menjadi korban penembakan saat kasus Antasari. Tempat kerja prakteknya, tepatnya di PT. PG. Rajawali 1 Unit Krebet Baru 2, Krebet, Malang. Salah satu unit bisnis dari BUMN besar di Indonesia, Rajawali Grup. Pengalaman pertama kalinya menjadi seorang engineer yang melihat langsung proses produksi Gula dari Tebu. Sebuah perusahaan yang walau umurnya sudah tua (sejak 1906) tetapi masih tetap aktif dan selalu ada inovasi di alat-alat pabrik. 

Proses produksi di pabrik ini mayoritas masih menggunakan teknologi yang lama. Proses fabrikasi dimulai dari penimbangan tebu, penggilingan tebu, pemurnian, kristalisasi, dan packaging gula. Cukup simple, tapi saat melihat alatnya sangat besar-besar. Lalu, pabrik ini juga sudah menerapkan sistem "zero waste management". Limbah-limbahnya Nihil karena dimanfaatkan kembali baik untuk pembakaran (ampas tebu), pupuk (blotong), atau untuk bahan baku pembuatan mecin (mollases). Air yang digunakan untuk steam atau untuk ekstraksi di treatment di kolam yang bernama "Spray Fond".

Disana, saya fokus di bagian fabrikasi gula terutama untuk mengamati kinerja dari static mixer (alat yang baru dipasang) dan pengaruhnya terhadap kinerja static mixer. Setiap hari selalu melihat besar pH, turbidity, kadar CaO yang optimal dan merekomendasikannya kepada petugas yang menjaga alat di pabrik untuk setting keadaan sesuai keadaan yang optimal, untuk menghasilkan gula dengan kualitas bagus. (kalau mau tahu hasil penelitiannya, langsung kontak saja). Oya, gula yang dihasilkan disini tidak dijual dipasaran secara lepas, tetapi akan masuk ke gudang bulog untuk diaudit oleh negara demi keseimbangan neraca massa dari komoditas gula.

Part of Process Engineer

Proses Fabrikasi Gula


Cerita Unik di Kota Apel

Ngomong-ngomong tentang kerja praktek, ada satu budaya (yang menurut saya aneh) yang di sekitar pabrik hanya saat pabrik tersebut giling. Setiap malam, selalu ada orang yang mandi di selokan pabrik ga hanya laki-laki bahkan perempuan juga ada disana (ini bukan tempat prostitusi ya). Selokan pabrik itu berisi waste water dari pabrik. Jika mendapatkan shift malam, banyak orang-orang berada di selokan untuk mandi. Apesnya, saya selalu lewat disitu jika pulang dari kerja praktek. Kalau lewat di selokan tersebut, yang ada di pikiran hanya pandangan lurus kedepan jangan tengak-tengok kemana-mana. 

Saat tanya-tanya sama penduduk sekitar, setiap malam areal selokan pabrik sering disebut mereka dengan istilah "Pasar Manuk". Katanya, kalau mandi disitu penyakit kulit. Usut punya usut, akhirnya saya menyelidiki apa yang dikandung air selokan tersebut. Dengan bekal mengetahu proses fabrikasi, akhirnya ditemukan kalau air tersebut mengandung kadar gula yang rendah dan juga mengandung sulfur. Sulfur adalah zat yang dapat ditemukan di pemandian belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Jadi ga salah kalau banyak orang yang mandi di selokan itu untuk menyembuhkan penyakit. Bagi saya Big NO! 



Sekilas Malang

Malang Tourism Map
Batu Night Spectacular


Before, I just now Malang from Map, browsing, and from mas Iwan Setyawan (@Iwan9S10A). But, in July, I can visit it and show the fact of the epic of Malang. :)

Malang dikenal banyak orang sebagai 3 kota,

1. Yang pertama, sebagai KOTA PENDIDIKAN. Banyak sekali sekolah-sekolah dan universitas disini. SMA dan SMK ada di tiap pelosok kota ini. Universitas pun juga banyak jumlahnya seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang. Setiap melewati jalan-jalan besar di Kota ini, akan dengan mudah bertemu sekolah atau universitas

2. Kedua, KOTA INDUSTRI, ya ini baru dirasakan setelah sampai ke Malang langsung. Saat berada disana, ternyata banyak sekali industri-industri contohnya dari Pertamina, Semen Gresik, dan tentunya PT. PG. Rajawali 1. 

3. Terakhir ini yang menguatkan posisi kota Malang yang juga sebagai KOTA PARIWISATA. Ga lengkap jika kalian kesini tidak menikmati eksotisme kota Malang. Malang sangat epik pemandangannya, khas jawa yang diberikan bumbu modernisme. Menambah cantik dan romantisme dari kota Malang itu sendiri. Sentral pariwisata di Jawa Timur, ya di Malang terutama di Kota Batu. Ada Batu National Sparkling, Jatim Park, Selecta, Coban Rondo, dan lain sebagainya.

Orang-orang yang ramah tamah, kulinernya murah dan enak, dan hawanya yang sejuk melengkapi pesona kota ini. Bagi saya, ini kota yang pas bagi kalian yang ingin tinggal jauh dari polusi, kemacetan, dan keramaian kota. Sempurna dari sisi pemandangan dan untuk kualitas hidup yang aman, tenteram, nyaman. Disini juga banyak pelancong dari berbagai Negara. Mereka suka dengan Malang karena Iklimnya yang sesuai dengan tempat mereka tinggal, banyak tempat pariwisata, dan tempat peninggalan sejarah yang layak dikunjungi.

Kalau kamu mau mengemban pendidikan, bekerja, berinvestasi, atau berwisata, feel free to come to Malang. 

Before end, I want say thank you so much to Darul Hamdi as my best partner for this Internship. Mas Yoni for giving us the place to sleep and reactivate us. Krebet Baru II Community (From IPB : Trio, Hazirur, Anas, Ayla; From ITS : Iis and Ainun; From UB : Fira and Mira; From SMK 1 Malang :  Erin, Mentari, Tia; and From SMK Surabaya : Tole, Yeni, Pipit, Omy). Mr Arif as my councelor at the plant, Mrs Wiwik "the mom of all of us who take internship at Malang". last to Yosia the workaholic and inspiring women, Rina for warm friendship and has taken all of us to many place at Malang, also Tata the place for sharing story and laugh.









Tahun ini ga jadi Summer School atau KKN. Namun, mendapatkan hal yang lebih dari sekedar keduanya. Sangat antusias untuk petualangan selanjutnya. Mungkin di luar pulau Jawa lagi :)



















Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maaf saya juga pernah Prakter Kerja Lapang di PG Krebet Baru I, tepatnya masa giling 2016, kalo boleh saya minta contak mbak/mas
    sekedar berbagi ilmu dan pengetahuan mulia
    Tks

    ReplyDelete