image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Kontemplasi 4 Tahun : Awal - Proses - Bukan Akhir

8 Agustus 2008, pertama kalinya menginjakkan kaki di kamar kecil berukuran 3x3 meter + kamar mandi ukuran 1x1 meter. Pertama kalinya hidup mandiri meninggalkan kenangan-kenangan di Tangerang.

Dulu kamar kecil ini masih terlihat "lega" dengan hanya terdapat 1 tempat tidur yang memakan tempat hampir setengahnya, 1 lemari kecil, dan 1 meja. 1 buah laptop yang masih setia menemani sampai sekarang walau sempat ingin hilang dan rusak tapi anehnya selalu saja bisa ketemu dan bisa diperbaiki. 


***

Awal



sebelum memasuki kuliah sempat terpikir, apakah kuliah yang diambil ini tepat?

kuliah di Teknologi Bioproses UI yang dikala itu masih baru dan tersimpan banyak misteri didalamnya. Bisa dibilang ini adalah hal asing karena belum tahu sama sekali tentang seluk beluk dunia ini. Berbekal dari hal-hal yang diceritakan oleh para guru, mereka juga banyak yang belum tahu bahkan menanyakan tentang jurusan ini. Hanya ada 1 petunjuk yang saya dapat dari seorang guru matematika di SMAN 8 Tangerang,"Mungkin ada hubungannya dengan bioteknologi".

Yah, memang saat di SMA dulu tertarik dengan bioteknologi dan ingin melanjutkan kuliah di bidang ini. I got it.

Dan proses yang panjang itupun dimulai...

Proses

Masa-masa awal berkuliah, adalah masa-masa antara kebanggaan, antusiasme, dan rasa kekhawatiran bercampur menjadi satu. Kebanggaan karena bisa diterima di kampus perjuangan ini, antusias untuk mencari tahu lebih banyak tentang hal-hal baru di lingkungan baru ini, dan kekhawatiran apakah bisa bertahan saat proses menjalani kuliah selama 4 tahun berturut-turut.

Kuliah disini menyadari pentingnya sebuah proses. Sebuah proses untuk mencapai keinginan yang ingin dicapai. Bagaimana raw material berubah menjadi produk tergantung dari prosesnya. Proses itu sendiri bisa berbeda-beda dan dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk mencapai produk yang diinginkan. Bagaimana caranya mencapai output yang diinginkan kita sendirlah yang menentukan proses itu.

Selama kuliah, berbagai kegiatan telah diikuti, mulai dari level jurusan, fakultas, universitas, dan juga di luar kampus. Satu kenangan manis dalam kehidupan di kampus adalah saat tahun kedua perkuliahan yaitu setelah mengikuti PIMNAS XXI. Setelah mengikuti acara tersebut, pandangan terbuka selebar-lebarnya untuk terus mengasah diri untuk berkarya dan berkarya. Melihat dunia yang lebih luas dari sekedar kehidupan di kampus. Mencoba untuk bisa memajukan potensi-potensi yang ada di Indonesia untuk mendunia. Sebuah batu loncatan yang membawa menjadi seperti sekarang ini.

Berbagai kegiatan telah diikuti, baik yang bersifat momentual, event, ataupun dalam bentuk pengabdian. Berawal dari IMTK FT UI sebagai kabiro pendidikan yang mengurus seputar perkuliahan, ketua fraksi Teknik Kimia MPM FT UI, PUSGERAK BEM UI 2011, Digital Director Young On Top Campus Ambassador, Forum Indonesia Muda, Rumbel Kita, dan Young Leaders for Indonesia. Masa-masa kampus lebih banyak dihabiskan untuk menatap dan mengenal Indonesia yang kaya! daripada melancong ke belahan bumi yang lain.

Pengalaman ini berkesempatan untuk mengenal banyak orang-orang hebat yang menjadi inspirasi atau untuk menginspirasinya. Mungkin tidak banyak prestasi yang tercipta di kala kehidupan universitas dibandingkan dengan yang lain. Rangkaian prestasi ditutup dengan indah dengan terpilih menjadi mahasiswa berprestasi Fakultas Teknik (walau hanya Runner Up), nilai A untuk skripsi, dan IPK CUM LAUDE! :)

Hanya pernah membuat sebuah alat untuk purifikasi air kotor menjadi air jernih, membuat plant reaktor biogas, studi tentang zat yang bisa membuat orang akan tahan lapar, dan riset skripsi tentang potensi enzim dari duri bintang laut maluku sebagai antiviral virus HIV.

Hal ini semakin membuat percaya, bahwa potensi Indonesia sangat-sangat banyak dalam segi SDA. untuk bisa memajukkannya perlu investasi pengembangan SDM di semua daerah. Sehingga, potensi SDA di daerah-daerah dapat dimaksimalkan oleh SDM dari Indonesia bukan dari luar/asing.

Sekarang ini, muncul gairah tersendiri ketika melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Ada kebahagiaan tersendiri ketika bisa berbagi kepada orang lain. Entah itu mengajar, donor darah, kampanye peduli lingkungan, dan kegiatan pengabdian masyarakat. Senang ketika melihat senyuman demi senyuman Indonesia terangkai. 


Senang juga bisa memiliki kesempatan untuk mengajar anak-anak yang menjadi masa depan bangsa. Antusiasme mereka mau belajar selalu hadir hampir tiap hari sabtu sore hingga malam. 


kuliah bagi saya 
not life changing phase but to maturity process
I'm not damn smart and have damn ahievement, but the important thing graceful that intellectually enlighted  and go forward for more impact :)

Bukan Akhir

Berkarya dan Berbagi telah menjadi bagian dalam kehidupan. Spirit ini akan terus ditumbuhkan dan diasah. Mudah-mudahan ini dapat memberikan berkah untuk bangsa Indonesia. Kelak, pilihan antara sebagai akademisi atau menjadi praktisi semoga jawaban yang terbaik itu adalah jawaban dari yang Maha Pencipta agar kami lebih bisa berkarya dan berbagi.

***

kini kamar kecil yang berukuran 3x3 meter itu menjadi "sempit" dipenuhi oleh bunga rampai jejak-jejak perjuangan selama berkuliah di kampus perjuangan. Tidur di kamar tidak sebebas dulu. Buku-buku bacaan, kertas-kertas, hasil-hasil rapat, pin, piala, medali, piagam, dan masih banyak lagi memeriahkan kamar ini.

Laptop yang sampai sekarang masih setia menemani walau sudah tidak bisa di charge baterainya dan bodynya sudah banyak lecet. File-file yang tersimpan dalam setiap bita didalamnya menjadi saksi hidup tersendiri yang sekarang sudah hampir penuh.

Hasrat untuk bisa belajar dan terus belajar membara dalam raga. Membuat tubuh ini seakan-akan haus akan ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Walau sudah lulus dan akan wisuda, tapi perjuangan kuliah di kampus ini masih ada 1 tahun lagi. Mari ucapkan Alhamdulillah untuk yang sudah dan mari ucapkan bismillah untuk perjuangan selanjutnya.

This still long road to go :)


Kenny Lischer
di kamar kecil berukuran 3x3 meter
Jalan Carita, Kukusan Teknik, Depok, Indonesia
19 Juli 2012


Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment