image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO I'M KENNY LISCHER|A STUDENT IN GENE REGULATION LAB|ENJOY SCIENCE AND MOMENT|LET'S LEARN, SHARE, AND INSPIRE

Sains Rahasia Curriculum Vitae




Semua orang tahu tentang Curriculum Vitae atau akrab disingkat dengan kata CV terutama untuk kalangan mahasiswa, pencari kerja, dan para pekerja. CV merupakan rangkuman dari pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan oleh seseorang. Didalamnya terekam dengan jelas jejak pengalaman atau track record seseorang.

Beberapa alasan kenapa CV itu penting adalah sebagai berikut,
  1. CV seringkali menjadi bahan dasar untuk melakukan penilaian terhadap seseorang.
  2. Merupakan alat untuk “marketing” diri sendiri. CV biasa digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi kandidat yang potensial

Karena fungsinya yang sangat penting, oleh karena itu baik untuk kita agar membuat sebaik mungkin. Tidak asal-asalan dan tidak berlebihan.  Pembuatan CV seringkali menjadi masalah, banyak format yang bertebaran di internet. Ada CV khusus untuk apply beasiswa, apply perusahaan, dan lain sebagainya. Bagi saya, tidak masalah kamu mengikuti format yang mana, tetapi cobalah buat sesederhana mungkin yang dapat merangkum kehidupanmu secara menyeluruh.

***

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa saya bagikan tentang pengalaman saya dalam pembuatan CV. Silahkan disimak J,

  • Cukup 1 halaman, maksimal 2 halaman


Yang namanya rangkuman berarti bukan pembahasan atau cerita. Seringkali seseorang membuat CV seperti mencantumkan semua pengalaman yang didapatkan sehingga CV mereka terlihat tebal, bahkan sampai 6-10 halaman bahkan lebih. Kalau penilaianmu bahwa CV yang tebal itu keren, itu salah besar. Karena CV itu bukan cerita biografi hidupmu secara detail tetapi adalah rangkuman dari pengalaman kehidupanmu.

Cobalah buat CV kamu hanya 1 halaman. Kenapa? Agar menjaga ketertarikan orang-orang dalam membaca CV kamu. Jika sedang apply posisi untuk kerja, pihak penyeleksi akan menyeleksi banyak orang bahkan bisa ribuan. Bayangkan jika membuat CV sampai 6-10 halaman atau lebih, itu ga akan mereka baca keseluruhan.  Yakinlah, para panitia penyeleksi ga akan melihat aplikasimu lebih dari 5 menit. Jadi buat apa buat banyak-banyak. Jika buat hanya 1 halaman, mereka akan tetap fokus untuk melihat kelebihan-kelebihan sobat sekalian tanpa perlu bulak-balik halaman yang sangat banyak. You will get the attention!

Masih banyak template-template lainnya, jika ingin yang lain atau mau membuat sendiri dipersilahkan.

  • Isi CV merangkum hal-hal penting dalam kehidupanmu


CV bukanlah novel bukanlah biografi. Jangan cantumkan sebanyak-banyaknya pengalamanmu didalamnya. Menurut pendapat saya, CV yang baik adalah yang merangkum kegiatan-kegiatan terbaik yang pernah dijalani.

Informasi-informasi penting yang menjadi isi CV mencakup informasi umum (nama, alamat, dan kontak), edukasi, aktivitas organisasi atau ekstrakulikuler, pengalaman kerja, penghargaan atau prestasi, dan skill and interest (seperti passion dan minat).

Jika kamu seorang yang telah memiliki banyak karya entah itu dalam bentuk penelitian, desain, film, dan seni buatlah daftar portofolio anda juga.

Untuk mengisi informasi pada CV coba dimulai dengan tahun lalu dilanjutkan dengan nama jabatan, organisasi, dan jika memungkinkan juga tulis keterangan. Keterangan yang dimaksud seperti peran, prestasi yang pernah dicapai saat menjalani tugas, dan impact yang diberikan kepada organisasi selama menjabat. Misal,

2008 – Ketua organisasi X, memimpin 800 anggota organisasi berskala nasional

2012 – Marketing Communication Director, memimpin divisi marcom, berhasil meningkatkan sales hingga 300%.

bisa juga buat simpel dan informatif, misal

2008 – Ketua organisasi X, berskala nasional

Setelah membuat informasi pengalaman-pengalaman, coba urutkan tahunnya diawali dari yang terbaru hingga yang lama. Oya, kalau CV pakai bahasa inggris coba pakai kalimat aktif bentuk past.

  • Keep it simple

Saya pernah menemukan CV seorang teman yang didesain sangat heboh. CV ga perlu didesain sebagus mungkin. Karena informasi didalamnya yang penting. Jadi yang paling baik menurut saya adalah coba buat serapih mungkin dan sebersih mungkin. Jangan sampai memberikan kesan tidak enak dilihat karena terlalu banyak gambar.

  • Jangan berbohong

Percuma saja sobat sekalian membuat CV tetapi isi CV tersebut tidak benar atau BOHONG. Mungkin kamu dapat menjual dirimu diawalnya, tetapi kualitas dirimu tidak sesuai dengan yang digambar di CV mu. Your quality show your true self.

Mei 2012, pernah ada kasus yang menimpa salah satu CEO Yahoo, Scott Thompson, yang terkena skandal akibat kebohongan pada CV nya. Didalam CV nya ditemui kebohongan mengenai posisi yang sebenarnya ia tak pernah jabat tetapi ia masukkan kedalm CV nya. Akhirnya CEO Yahoo itupun harus dipaksa dikeluarkan dari Yahoo.

CV menjelaskan dirimu sendiri jangan sekalipun menulis kebohongan didalamnya.

***

Terakhir, buatlah sesimple mungkin. Jika terlalu banyak daftar pengalaman yang telah dilakukan, coba pertimbangkan berdasarkan achievements dan impacts yang dihasilkan. Masukkan data-data yang berhasil meraih achievements dan impacts yang besar ke CV yang dibuat.

Berikut ini link untuk download template cv dengan format 1 halaman dari salah satu perusahaan konsultan McKinsey & Company. klik disini

Jika anda merasa informasi ini bermanfaat, silahkan sebar di facebook, twitter, kaskus, mindtalk, blog, forum, atau sosial media lainnya dengan mencantumkan sumbernya ya.

Selamat menulis CV anda.
@KennyLischer

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. nice share broh, thx for the inpoh, bagi format ente donk XP

    ReplyDelete